Cari Artikel

Naskah Pidato Anti Global Warming

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Yang saya hormati, Guru Pembina
Yang saya hormati, teman-teman sekalian.
Pada kesempatan yang berbahagia dan insya Allah penuh berkah ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, atas perkenan rahmat dan ridho-Nya, kita masih diberi semangat, kekuatan dan kesehatan untuk berkumpul bersama-sama pada kegiatan kita kali ini.
Guru Pembina dan Teman-teman sekalian,
Saya mendapat kehormatan pada kesempatan ini, untuk ikut menyumbangkan pemikiran, pendapat dan gagasan saya mengenai Global Warming yang telah menjadi masalah utama dan dampaknya mulai muncul di berbagai belahan dunia, khususnya di Indonesia negeri kita tercinta.
Tujuan utamanya adalah saya ingin mengajak seluruh teman-teman serta guru untuk sejenak memikirkan dan memperdulikan keadaan bumi pertiwi kita yang saat ini sedang dilanda masalah dan dapat berdampak buruk bagi kelangsungan hidup manusia.
Guru Pembina dan Teman-teman sekalian,
Global warming bukanlah hal yang baru lagi di benak kita. Hal tersebut sudah menjadi topik pembicaraan utama dan konflik di khalayak umum. Namun hanya segelintir manusia yang benar-benar sadar dan peduli akan akibat pemanasan global ini. Seperti yang kita lihat di berbagai belahan dunia, amat banyak kegiatan manusia yang memicu terjadinya pemanasan global, diantaranya . Pemanasan global dapat menyebabkan diantaranya pulau-pulau tenggelam, perubahan iklim secara ekstrim, perubahan sikulasi populasi laut, perubahan pola penyakit, bahkan suatu saat dapat membinasakan populasi makhluk hidup.

Namun hal tersebut bisa kita hindari. Penyebab utama pemanasan global adalah manusia, khususnya dalam hal ini berupa tindakan yang menyebabkan kerusakan bumi ini, maka manusia pasti bisa menghentikannya. Lantas caranya bagaimana? Diantaranya dengan cara menghemat energi, air dan melestarikan pohon adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan.
Pertama, adalah menghemat energi. Dalam hal ini terdapat begitu banyak macam energi yang sebaiknya kita kurangi penggunaannya diantaranya adalah energi listrik, energi bahan bakar, dan lain-lain. Sebagai gantinya, kita dapat menggunakan energi alternatif yang lebih ramah lingkungan. Lantas apa energi alternatifnya? Salah satu contohnya adalah biogas yang dapat menjadi bahan bakar alternatif, dapat dibuat dengan memanfaatkan kotoran hewan ternak sebagai bahan dasarnya dan dengan penerapan ilmu fisika dan kimia kita sendiripun dapat membuat biogas.
Kedua, adalah menghemat air. Dalam hal ini penghematan air amat diperlukan mengingat semakin sedikitnya stok air bersih di bumi ini. Menghemat air merupakan langkah bijak guna menjaga stabilitas lingkungan hidup manusia dan juga sirkulasi atau peredaran air di bumi. Hal ini dimaksudkan agar ketersediaan stok air di bumi selalu terjaga sepanjang masa. Bayangkan saja, apabila stok air bersih di bumi telah habis?? Mungkinkah manusia tetap dapat hidup sehat dan layak?? Dengan penuh keyakinan, saya akan menjawab tidak. Selain itu dengan melakukan penghematan air, kita dapat menumbuhkan pribadi yang lebih baik karena sesuai dengan ajaran agama kita, hendaknya kita menjadi umat yang tidak boros dan menggunakan segalanya sesuai dengan yang kita butuhkan saja.
Ketiga, adalah Melestarikan pohon. Dalam hal ini salah satu langkah yang dapat diterapkan dengan menghemat penggunaan kertas karena kertas terbuat dari bahan dasar pohon. Mengingat pohon berperan amat vital bagi kelangsungan hidup manusia di bumi ini, budayakanlah merawat dan menanam pohon untuk kebaikan kita bersama. Namun, hal yang amat memilukan dimana jumlah pepohonan di bumi ini semakin berkurang. Hutan-hutan menjadi gundul karena ulah dari manusia-manusia egois yang hanya memikirkan keuntungan dirinya sendiri tanpa berfikir jauh ke depan. Selain itu, meluasnya kawasan permukiman penduduk semakin membuat lahan bagi pepohonan hijau untuk tumbuh berkembang kian sempit. Lantas dimana kesadaran kita?? Mengapa kita terus menyakiti bumi ini, padahal bumi telah memberikan kita tempat untuk hidup yang begitu nyaman. Akankah kita terus menyakiti bumi ini sampai akhirnya bumi ini pun marah dan melahirkan bencana dimana-mana??
Guru Pembina dan Teman-teman sekalian,
Dalam mencegah terjadinya pemanasan global, tak hanya tiga point utama yang telah saya uraikan tadi yang dapat dijadikan pedoman, masih banyak langkah-langkah lain yang dapat kita lakukan agar bumi ini terhindar dari pemanasan global. Terlebih lagi kita sebagai generasi muda, sepatutnya mampu menciptakan solusi bijak yang dapat diterapkan untuk menghindari pemanasan global dan menjaga kelangsungan hidup manusia di muka bumi.
Oleh karena itu, demi keselamatan kita bersama marilah kita mulai turut berpartisipasi dalam gerakan-gerakan anti global warming dengan didasari dari keinginan serta kesadaran diri kita sendiri. Wariskanlah bumi ini kepada generasi berikutnya dalam kondisi yang asri, indah, dan nyaman.
Teman-teman dan guru Pembina yang saya hormati,
Saya sangat mengharapkan apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga keturunan-keturunan kita di masa depan masih dapat menikmati bumi kita ini. Atas segala perhatian dan dukungan teman-teman dan guru pembina, saya ucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Mari kita jaga dan rawat bumi ini sebaik-baiknya dan stop global warming!
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

0 comments:

Posting Komentar