Cari Artikel

APA ITU BUDAYA INDONESIA dan BUDAYA ASING???


Kata Budaya berasal dari kata budi dan daya yang secara bahasa artinya kemampuan akal manusia dalam melakukan sesuatu. Bagaimana budaya di Indonesia khususnya budaya remaja? Lalu bagaimana dengan budaya luar seperti Amerika atau Australia??? Apakah dibayangan kita budaya mereka hebat lantas kita menirunya???


Apa Itu Budaya??
Jika kita berbicara budaya, ada 3 sudut pandang pengertian :
Sudut pandang deskriptif, yaitu penggambaran deskripsi budaya, misalnya budaya Sumbawa terkenal dengan sepat dan madu asli Sumbawa.
Sudut pandang simbolik, yaitu budaya adalah apa yang kita lakukan, dan apa yang kita lakukan tersebut adalah simbolik dari budaya kita.
Sudut Pandang Struktural, yaitu kebudayaan dilihat dari struktur kemasyarakatan, seperti ada yang bangsawan, ada yang rakyat biasa, dsb.

Komponen Budaya
1.       Cuaca
Apakah cuaca di negara kita sama dengan di negara Eropa?? Tentunya tidak bukan... Cuaca ini dapat berpengaruh pada kebudayaan kita, misalnya saja kebudayaan berpakaian. Apabila di Australia, musim panas dengan suhu 28 derajat sama dengan suhu 50 derajat di Indonesia. Mengapa demikian? Karena perbedaan kadar kelembaban di Indonesia dan di Australia, sehingga merujuk orang-orang Australia untuk berpakaian serba mini saat musim panas. Namun, kebudayaan itu tak pantas untuk diterapkan di Indonesia. Tetapi, mengapa banyak orang-orang Indonesia khususnya remaja meniru kebudayaan luar itu padahal itu melanggar tata krama dan tak sesuai dengan lingkungan Indonesia?
2.       Makanan dan Minuman
Apakah kalian suka KFC atau McDonald? Atau kalian menyukai makanan khas daerah kalian seperti gudeg, sepat, dll?? Tapi, apakah kalian tahu, bahwa KFC, McDonald, dll itu disebut oleh orang barat dengan Junkfood(makanan sampah)????? Mengapa kita malah menyukainya? Silahkan direnungkan...

3.       Sekolah dan Edukasi
Jika kita bandingkan, sarana dan prasarana pendidikan dan edukasi yang ada di luar negeri dengan yang ada di Indonesia sangat berbanding terbalik. Kita ambil contoh, di Australia terdapat banyak lapangan sepakbola sehingga memudahkan mereka untuk berlatih, sedangkan di Indonesia jumlah lapangan sepakbola terbatas. Namun mengapa kita menginginkan jadi negara sepakbola?? Mengapa kita tak membudayakan hal yang memang sesuai dengan potensi bangsa kita? 
4.       Kehidupan Sosial
Kita menganggap orang barat berperilaku semau gue, dan kitapun “menirunya”. Namun, sesungguhnya orang barat itu berperilaku disiplin dan saling menghargai, tak seperti yang terlihat di film-film hollywood. Di Indonesia, umumnya kita berpikiran masa bodoh dan berpikir hanya untuk diri-sendiri, kita kurang disiplin dan suka meremehkan. Lain halnya dengan budaya bangsa barat yang mendahulukan moral dan kedisiplinan. So, what is your opinion about this??
5.       Trend
Monyet Punk
Apakah kalian pernah melihat anak punk di daerah kalian dengan tindikan tubuh dimana-mana??? Sesungguhnya ini merupakan persepsi budaya barat yang keliru, anak-anak punk di barat umumnya adalah anak orang kaya yang broken home dan ingin mencari-cari perhatian, berbeda halnya dengan di Indonesia yang umumnya adalah musisi jalanan dan lampu merah..

0 comments:

Posting Komentar