Cari Artikel

Beasiswa Khusus Jawara Sains Internasional

Ini dia asyiknya mengukir prestasi, kita akan diberi beasiswa oleh pemerintah!

Sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), setiap peserta didik berprestasi pada setiap satuan pendidikan (termasuk mahasiswa) berhak mendapatkan beasiswa.
Pemberian beasiswa ini direalisasikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Diten Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) kepada para siswa jenjang sekolah menengah dan mahasiswa peraih medali emas, perak, dan perunggu pada olimpiade bidang sains tingkat internasional.

"Beasiswa akan diberikan untuk melanjutkan kuliah sampai jenjang Strata I (S-1), S-2, dan S-3 baik di dalam maupun di luar negeri," demikian seperti dikutip dari situs Dikti, Kamis (18/4/2011).

Beasiswa diberikan agar menjadi motivasi para tingkat siswa sekolah menengah atas (SMA) dan atau mahasiswa dalam mengukir prestasi, khususnya dalam bidang sains, serta melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Langkah ini juga merupakan salah satu usaha pemerintah dalam memajukan bidang sains dan daya saing Indonesia.

Beasiswa hingga jenjang S-3 akan diberikan kepada peraih medali emas dalam olimpiade sains internasional. Peraih medali perak berhak atas beasiswa hingga jenjang S-2. Sementara, peraih medali perunggu akan menerima beasiswa untuk program S-1, sesuai rekomendasi Direktorat Pembinaan SMA/SMK. Program beasiswa ini juga berlaku untuk mahasiswa.

Pemberian beasiswa ini meliputi biaya pendaftaran (registration), biaya kuliah (tuition fee), biaya hidup, biaya buku/riset, biaya asuransi, serta biaya transportasi, dan atau lainnya sesuai kondisi.

Sebagai informasi, yang termasuk di dalam olimpiade sains internasional adalah Olimpiade Matematika Internasional (International Mathematical Olympiad) disingkat IMO; Olimpiade Fisika Internasional (International Physics Olympiad) disingkat IPhO; Olimpiade Kimia Internasional (International Chemistry Olympiad) disingkat IChO; Olimpiade Biologi Internasional (International Biology Olympiad) disingkat IBO; Olimpiade Informatika Internasional (International Olympiad in Informatics) disingkat IOI; Olimpiade Astronomi Internasional (International Astronomy Olympiad) disingkat IAO; Olimpiade Kebumian Internasional (International Earth Science Olympiad) disingkat IESO; dan International Olympiad on Astronomy & Astrophsics (IOAA).

Ayo, segera ukir prestasimu!


Dikutip dari okezone.com

0 comments:

Posting Komentar