Cari Artikel

Bluetooth Band Wakili Sumatra Go To Grand Final IJD 4!!!

PANGKALPINANG – Prestasi membanggakan kembali diukir oleh pelajar kota Pangkalpinang. Grup band Bluetooth dari SMAN 4 Pangkalpinang berhasil meraih juara pertama dalam ajang semifinal Indomie Jingle Dare wilayah Sumatera, Palembang Sumatera Selatan beberapa waktu lalu.
Grup band aliran pop alternatif yang di motori oleh Ria (vokal), Yudi (Gitar), Imam (Bass), Erwin (Drum) dan Juni pada Key board ini berhasil menyingkirkan sebanyak 20 band dari Sumatera lainnya yang turut serta dalam kontes yang digelar di Benteng Kuto Panji, Palembang.
Ajang kompetisi band pelajar yang disponsori oleh produk Indomie ini diikuti oleh band band SMA se Sumatera. Jawara ajang semifinal Indomie Jingle Dare ini nantinya akan mewakili area Sumatera untuk berlaga di ajang grand final di Jakarta pada bulan Mei mendatang. Juara grand final nanti bakal mendapatkan hadiah trophy, uang pembinaan Rp200 juta, dan beasiswa .

Ketika mengunjungi redaksi Rakyat Pos, Rabu (23/2) kemarin, salah satu personil Bluetooth Band Yudi, didampingi oleh Jack sang manajer mengatakan kebanggaannya dapat mewakili wilayah Sumatera khususnya provinsi Bangka Belitung dalam konser Indomie Jingle Dare di Jakarta, Mei mendatang.
Yudi menceritakan pada awalnya band yang di gawangi para siswa SMAN 4 ini tidak pernah menyangka jika mereka bisa berhasil meraih juara dan menyisihkan sebanyak 20 band se sumatera beberapa waktu lalu dan membuat orang tua, sekolah, dan terutama diri mereka sendiri bangga. Hanya dengan modal nekad dan optimis akhirnya mimpi untuk mewakili Sumatera di Jakarta pun terwujud.
”Awalnya kita mendapat undangan dari panitia jingle dare Indomie untuk mengikuti seleksi jingle dare pada 31 Januari lalu. Ketika itu oleh panitia kita diminta mengirimkan sebanyak 2 lagu aransement Jingle Indomie. Kita waktu itu tertarik dan mencoba untuk mengaransement jingle indomie dengan aliran musik kita yaitu pop alternatife. Selama seminggu bersama temen teman buat lagu aransement, dan akhirnya kita berhasil membuat lagu dan kita kirim ke panitia dalam bentuk CD,”tutur Yudi.
Untuk kemudian panitia mengirimkan surat balasan dan menyatakan bahwa lagu aransement jingle Indomie layak untuk ikut serta dalam konser semi final Indomie wilayah Sumatera yang di gelar di Palembang Sumatera Selatan. Sebanyak 20 grup band se SMA Sumatera turut ambil bagian dalam konser tersebut, tentu dengan proses seleksi yang ketat dari panitia.
“Dari kabar yang kami dapat setidaknya ada sekitar 2000 grup band yang mendaftar untuk mengkuti seleksi se Sumatera waktu itu dan dari 2000 itu hanya 20 yang dipanggil untuk mengikuti semi final di Palembang, tentu suatu kebanggan bagi kami ketika masuk 20 besar dan mewakili Babel untuk mengikuti konser tersebut,”kata Yudi.
Dalam semi final wilayah Sumatera tersebut Bluetooth Band berhasil mengungguli finalis lainnya, sesuai penilaian tiga anggota dewan juri yaitu Nugie, Deny dan Kunto. Dalam penampilannya kala itu , tiap band diwajibkan untuk menyanyikan tiga lagu yaitu lagu bebas, jingle Indomie original, serta jingle Indomie karya sendiri.
Tidak ada demam panggung kala itu, Yudi dan kawan kawan mampu menyanyikan lagu dengan maksimal sehingga dewan juri pun puas dengan penampilan mereka dan menasbihkan mereka sebagai juara.
“Dalam penilaian juri kami diumumkan menjadi juara 1. Ketika diumumkan perasaan senang bercampur bahagia. Rasa gemetar seakan tidak percaya karena kami telah berhasil mengalahkan peserta lain untuk kemudian mewakili wilayah Sumatera di Jakarta,” ujar siswa kelas 3 ini seraya mengatakan bahwa hadiah dari konser di Palembang yaitu trophy dan uang pembinaan Rp3 juta.
Bluetooth sendiri semenjak dibentuk 2007 lalu kata Yudi memiliki aliran musik alternative pop, katanya musik aliran seperti ini kan masih jarang, tapi dengan adanya musik alternative pop-alternatife ini mereka berharap agar bisa menggabungkan kedua aliran musik ini agar nantinya menjadi musik yang sangat digemari oleh seluruh pencinta musik.
“Kita terbentuk pada tahun 2007 lalu, kita bentuk dari teman teman yang punya hobi musik.Perjuangan hingga bisa eksis sampai sekarang juga gak mudah. Yang kita alami adalah masalah peralatan, namun dengan semangat yang kuat antar personel, akhirnya kendala kendala prasarana dan alat band tidak dipermasalahkan. Walaupun dengan merental di studio band, kita tetap semangat dan tetap berusaha untuk tetap berprestasi dengan tidak mengganggu aktivitas dan pelajaran sekolah,”cerita Yudi.
Di 3 tahun umur band Bluetooth ini kata Yudi sudah tidak terhitung lagi jumlah konser yang telah diikuti. Mulai dari kompetisi band umum hingga kompetisi antar pelajar dan mahasiswa , ada beberapa prestasi membanggakan yang pernah mereka raih, yaitu juara di salah satu konser band di salah satu perguruan tinggi di Pangkalpinang dan terakhir juara jingle dare se sumatera tahun 2011 dan mewakili wilayah regional Sumatera khususnya Babel ke ajang nasional di Jakarta.
Untuk persiapan jelang konser tingkat nasional di Jakarta , bulan Mei mendatang, ia bersama dengan rekan rekannya di Bluetooth Band akan tetap mempersiapkan diri secara maksimal. Persiapan tersebut akan dirancang dengan menetapkan jadwal latihan setiap harinya. Yudi pun berjanji nantinya akan tetap berupaya menampilkan yang terbaik bersama dengan rekan rekannya pada saat konser di Jakarta nanti .
Sementara itu manajer Bluetooth Band, Jack mengatakan suatu kebanggaan dapat mendampingi Bluetooth Band. Walau dengan prasarana dan sarana yang terbatas, anak anak asuhannya tetap berupaya eksis dan
Jack dalam kesempatan tersebut mengharapkan adanya bantuan dan kepedulian dari pemerintah daerah khususnya pemkot Pangkalpinang untuk mendukung eksisnya Blue Tooth Band. Apalagi dikatakannya bahwa Bluetooth Band adalah band pelajar yang masih memiliki masa depan yang cerah dan panjang.
“Bluetooth Band ini kan semua personelnya adalah masih pelajar, dan kegiatan mereka ini sangat positif. Kan setidaknya akan mewakili nama Babel dalam konser di Jakarta mendatang, kita sangat berharap adanya dukungan dari pemerintah untuk perkembangan band ini sehingga dapat akan tampil lebih maksimal nanti,” kata Jack mengakhiri kunjungannya ke redaksi Rakyat Pos, kemarin sore. (fan/6)

dikutip dari rakyatpos.com

0 comments:

Posting Komentar