Cari Artikel

Membentuk Bangsa yang Mencintai Budaya dan Memiliki Jati Diri Untuk Menghadapi Era Global

minggu lalu, saya telah menciptakan sebuah lagu, disaat saya mulai mencemaskan kondisi negeri ini yang mulai kehilangan jati dirinya.
Saya memandang kebudayaan bangsa indonesia telah bergeser menjadi kebudayaan bangsa lain khususnya kebudayaan-kebudayaan yang cenderung kebarat-baratan. Padahal indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa. Dapat dijadikan modal, untuk menatap Indonesia di masa depan yang cemerlang. lewat lirik lagu saya, saya menggambarkan bahwa indonesia dengan kekayaan alam, diatur dengan berlandaskan budaya asli bangsa dengan tidak mengisolir diri dari teknologi dan modernisasi. lahirlah bangsa dengan jati diri, bangsa yang memiliki kebudayaan luar biasa dan memiliki kualitas manusia yang bagus dalam menatap indonesia di masa depan.


di dalam lirik lagu saya, ada sebuah kalimat yang berbunyi "melangkah bersama, cintai budaya bangsamu". dalam hal ini, saya juga menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa. kita harus melangkah bersama dan menyatukan pikiran kita. visi saya adalah membentuk bangsa yang mencintai budaya dan memiliki jati diri untuk menghadapi era global.


budaya sesungguhnya mencakup dalam hal yang sangat luas. tak hanya sekedar tari-tarian, musik tradisional, dan semacamnya. budaya jauh lebih luas dari yang telah saya sebutkan. budaya mencakup segala aspek kehidupan. pribadi asli dari bangsa dapat tercermin dari kehidupan nenek moyang kita yang saling menjaga toleransi, bergotong royong dan musyawarah. serta menanamkan tekad untuk berusaha keras menggapai cita-cita.


Yang terpenting dari budaya adalah dasar dari jati diri kita yang menjadi khas dan keunikan kita dibandingkan dengan negara lain di seluruh dunia. saya merasa perhatian kita terhadap budaya amat rendah. apakah kita akan membiarkan negara lain merampok budaya kita satu persatu? apakah kita akan membuat anak dan cucu kita kelak tidak menghargai negaranya sendiri karena tidak memiliki sesuatu keunikan untuk dipamerkan ke negera lain?? Tentunya semua itu tidak akan terjadi jika kita melestarikan budaya kita dan mencintai budaya kita. jagalah warisan leluhur dan lestarikan karya abadi milik indonesia!

Oh ya, semoga lagu yang telah saya buat dapat didengarkan oleh masyarakat luas dan dapat dijadikan sumber inspirasi untuk menjaga budaya. Doakan saja.

0 comments:

Posting Komentar